-Sok depan Upside down Yz 85 atau kalau mau hematnya bisa pakai sok depan Suzuki Ts atau KLX 150...untuk pemasangan sok depan pakai suzuki ts ke rangka F1zr harus ada penyesuaian yaitu bagian bearing comstirnya harus di ganti bisa pakai punya suzuki satria F
-Body Set bisa pakai punya YZ 85,KLX, suzuki RM 85 tergantung selera tapi kalau mau paket hematnya pakai punya SND bentuk YZ 85 tapi kalau niatnya bikin untuk standard kompetisi mending pakai yang limbah asli dari YZ 85 karena sudah dapat filter udaranya
-bagian mesin bisa di upgrade
a. Pengapian (magnet, coil, CDI) bisa pakai punya YZ 85 atau kalau mau lebih ganas pakai YZ 125 tapi kalau beli barang copotan dari motor spesial engine harus bener2 di cek takutnya ada yang rusak
b. Karburator kalau mau ganas ya pakai Keihin PJ 34
tapi kendalanya gk mungkin kita pasang plug n' play aja jadi di sini letak asiknya bikin motor harus kita sesuaikan sendiri pemasangannya untuk masang ini karburator ke F1zr biasanya pakai tambahan manifold namanya Manifold Kodok ni barangnya
untuk intakenya supaya bisa ke pasang ke karburator tadi bisa pakai intake karet punya motor GL nah di bagian ini juga yang bikin wajib beli body asli YZ 85 karena nantinya saluran udara untuk karburatornya dia ambil dari filter YZ 85 bisa aja sih bkin sendiri tapi kalau mau kelihatan motornya rapi ya pakai filter asli YZ 85 buat pemasangannya gk bs di jelasin karena salah satu bagian yang paling ribet harus di sesuaikan sendiri tapi buat letaknya
sekalian tuh ada contoh posisi manifold kodoknya supaya gak pada bingung trus bagian yang ketutupin kain tempat masang karburatornya
habis sudah kepasang bagian ini tinggal nyari membran atau valvenya di pasang di bagian dalam manifold kodok tadi yang di atas nah buat membrannya bisa pakai punya Yamaha RX-z kaya di foto atas di sebelah manifold atau kalau mau yang bagus pakai merk V-Force contohnya
kelebihannya kalau pakai v-force membrannya dari karbon kalau dalam bahasa mekaniknya saya kurang ngerti tapi efeknya motornya lebih ganas tapi jangan salah kalau kesulitan beli V-force tapi tetep pengen pakai membran carbon tetep bisa pakai punya RX-z karena ada yang jual daun membran carbonnya, tapi kalau cuma mau di pakai buat main - main aja motornya gak di pakai kompetisi saya saranin pakai membran asli RX-Z aja
c. sektor mesin yang bisa di upgrade piston, gear Ratio, kampas kopling, per kopling kalau piston biasanya nanti di bubut 100 atau 75 pistonnya bisa pakai punya daytona tapi kalau mau hemat bisa pakai punya original Yamaha, buat rationya ini contohnya
fungsi dari ratio ini supaya perpindahan giginya jadi seimbang dengan tenaga mesin yang sudah ganas jadi tenaga yang tersalur jadi lebih besar
- Untuk kampas koplingnya biasanya pakai punya motor jadul Suzuki FR 80 kelebihannya kampas koplingnya lebih tebal jadi bikin motor gak selip kopling kalau kesulitan nyari nih kampas kopling cari aja produk racingnya sekarang dah banyak di produksi kok, untuk per koplingnya kalau saya sendiri pakai per kopling satria f yang produksi racing
*lupa nulis tadi bagian pengapian khususnya magnet dalam pemasangannya perlu banyak penyesuaian harus ada yang di bubut dulu bagian magnetya untuk yang ini harus konsultasi sama mekanik yang berpengalaman masang gak bisa dijelaskan lewat tulisan
sudah bagian mesin bahas bagian sok belakang biasanya kalau kalian lihat di kejuaraan grasstrak sok belakannya kebanyakan warna merah dan biru dan ada tambahan tabung ini namanya sok Kayaba pembalap pembalap grastrack banyak yang memakai shock ini karena memang shocknya sangat empuk dan memiiki rebound yang sangat baik jadi kalau makai ini shock pasti gak bakal pegal/ keram perut daahh ngelewati trek yang kriting tapi yang memakai shock ini biasanya pembalap yang punya kantong tebal aja karena harganya yang selangit nih shocknya
warna yang berbeda ini juga memiliki arti biasanya pembalap- Pembalap yang sudah punya feeling sama motornya pasti lebih milih shock yang warna merah karena shock yang merah bisa kita setting sendiri rebound(hentakan kembalinya shock) sehingga waktu setelah jump atau saat memasuki tikungan pembalap lebih mudah mengendalikan motornya, tapi harganya jg beda sih muahal yang merah tapi kalau mau yang biru juga sudah sangat nyaman di pakai..tapi kalau gak punya uang lebih bisa pakai shock Yss tipe z jg sudah nyaman atau kalau mau shock lain bisa pakai shock bajaj pulsar atau Honda GL
sudah selesai bagian shock bagian velg lagi nah untuk bagian velg biasanya motor trail memiliki ukuran yang berbeda antara ring depan dan belakang ( jadi jangan pada ketawa kalau lihat ban motor trail besar yang bagian depan) -____- nah buat ring depan biasanya pakai ring 19 dan belakang 16 ( kalau KLX buat adventure biasanya depan 21 belakang 18) velg sendiri bisa pakai macam -macam produk tapi kalau yang saya pakai sendiri pakai velg excel takasago asia kalau mau yang kuat lagi yang takasago excel japan atau TK japan biasa di pakai motor spesial engine
sesudah velg tromol jg harus di ganti bisa pakai tromol punya f1zr sendiri atau kalau mau kuat punya kawasaki KLX ( jangan yang velg bintang lho) untuk masangnya sendiri tromol ini harus di kawinin sama swing arm/ lengan ayun punya kawasaki Kaze khusus ini tinggal PNP aja cuma perlu nyari lupa namanya tapi pokoknya yang buat masang baut pengencang roda -_-"
buat gear nya biasanya yang belakang pakai gear rantai 42 dan depan 12 -14 kalau rantainya bisa di pilih
untuk sistem pengeremannya bisa pakai rem KLX buat belakang ( master, kaliper, sampai pedal rem) tapi harus ada penyesuaian juga, nah untuk oli samping motor ini ( oli campur) khusus yang ini jangan main2 ya karena kalau mesin sudah di upgrade tapi olinya sembarangan setengah sirkuit mesinnya bisa jebol nah kalau untuk oli saya nyaraninnya pakai oli motul 8002t kalau ini saya pakai sendiri sampai sekarang gak ada trobel sama mesin tapi kalau mau hemat bisa pakai oli Idemitsu yang sering di pakai kawasaki ninja rr
nah untuk part lainnya kaya stang, gas sponta( bisa pakai punya yz 85 atau produk after market), bisa di pilih sendiri sesuai selera
untuk rangka sendiri kalau pada bingung gimana bagusnya biasanya search aja di mbah google biasanya banya referensinya tapi sedikit share aja ya
itu untuk bebek standard(copas google)
hasil buatan saya
hasil sudah selesainya
contoh untuk kompetisi balap
atau dapet dari blog sebelah
semoga bermanfaat buat para pembaca mungkin dalam apa yang sudah saya jelaskan tidak 100% terbahas semua tetapi saya sekedar membantu bagi yang masih kurang mengerti dan bingung untuk memilih part apa yang bisa di gunakan tujuan dari blog ini bukan untuk mepromosikan produk tertentu jadi mhon di pahami, bila para pembaca ada yang ingin di tanyakan silahka bertanya tetapi mohon menggunakan kata- kata yang sopan, bila para pembaca juga sulit mendapatkan alat alat yang di cari karena beberapa part yang di pakai merupakan limbah dan tidak tersedia di sembarang toko saya juga bisa membantu memberikan alamat orang yang menjual part tersebut, terima kasih sebelumnya mohon maaf bila ada kesalahan penulisan atau kata tidak sopan :)
keren kak
BalasHapussaya juga lagi mau coba dari supra fit
tapi belum tau buatnya dimana
ada rekomendasi kak ??
tinggalnya daerah mana, banyak kok sebenernya tempat bikin trail yang hasilnya bagus karna orangnya dah pengalaman, tapi kalau boleh kasih saran mending coba search di google aj pakai kata kunci trail grasstrack biasa di situ muncul gambar2 rangka bisa di tiru dari situ, atau ntar q posting nyusul sketsa + sudut kemiringan rangka
BalasHapustinggalnya daerah mana, banyak kok sebenernya tempat bikin trail yang hasilnya bagus karna orangnya dah pengalaman, tapi kalau boleh kasih saran mending coba search di google aj pakai kata kunci trail grasstrack biasa di situ muncul gambar2 rangka bisa di tiru dari situ, atau ntar q posting nyusul sketsa + sudut kemiringan rangka
BalasHapuskalo boleh tau total biaya keseluruhan abis berapa ya mas??
BalasHapuskalau motor yang say buat kira2 sampai angka 20 jta pak, itupun sudah saya tekan biayanya dengan cara pembuatan rangka, perakitan dll saya kerjakan sendiri,
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Hapusngiler d buaty...
BalasHapusmesin shogun th 97 cocok gak wak dibuat bebek grasstrack?
BalasHapuscocok aja mas suharto cuma mesin harus di normalkan kembali dari piston hrs diganti dan karburator di bersihin lg, cuma minusnya kalau motor 4Tak lebih cendrung sulit merawatnya karena bila ada kerusakan lebih bnyg ongkosnya di banding 2 tak
BalasHapusjangan ngiler mas ntar banjir
cocok aja mas suharto cuma mesin harus di normalkan kembali dari piston hrs diganti dan karburator di bersihin lg, cuma minusnya kalau motor 4Tak lebih cendrung sulit merawatnya karena bila ada kerusakan lebih bnyg ongkosnya di banding 2 tak
BalasHapusjangan ngiler mas ntar banjir
bang ada agak sok depan YZ 85 yang cabutan....kira kira berapa harganya?
BalasHapusbang ada agak sok depan YZ 85 yang cabutan....kira kira berapa harganya?
BalasHapusKalo di karawang tau ga mas dimana bengkel custom trail yang recomended?
BalasHapusshock yz 85 cabutan ad harga dri 6,5 - 7,5 jt tp kondis msh bgus
BalasHapusdaerah karawang kurang tau saya
kalau mau tanya barang limbah bisa add id line ZRP117 cuma sekedar tanya harga barang jg gk p2, atau ntar kalau cocok harga baru deal, karna saya tau info harga barang limbah SE agak sulit di dapat karna banyak penjual yang gak respon kalau cuma sekedar tanya
BalasHapusBrooo... boleh kasi bocoran ttg ukuran rasio grastrack 1-4 klas modifikasi motor fiz r.
BalasHapusBrooo... boleh kasi bocoran ttg ukuran rasio grastrack 1-4 klas modifikasi motor fiz r.
BalasHapusgan, sya mau tanya... ada yg tau ga lokasi atau contact person yg jual shock kayaba Red/blue (yg pake tabung)...
BalasHapusGan motor saya F1zr 97 setelan uda grastrack, untuk karbu yang cocok buat adventure sama harian pake karbu jenis apa ya yang cocok barang kali ada rekomendasi
BalasHapusPakai karbu pwk 28 aja udah cukup, kalau mau enak lg karbu pj 34, catatan manifold d ganti
Hapusberapa derajat sudut kemiringan socbleker belakang ?
BalasHapusWah sok breker belakang saya settingan udah berubah berkali2 saya belum mengukur lg berapa derajat klo gk salah 75
Hapusklo boleh nanya itu smua yg d jlaskan habis dana berapa ???makasih
BalasHapusklo boleh nanya itu smua yg d jlaskan habis dana berapa ???makasih
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBan belakang pake ukuran berapa om?
BalasHapusBan belakang pake ukuran berapa om?
BalasHapusMantap kk modifikasinya saya jg punya motor fiz r..kira2 brapa biaya sampai jd kyk punya kk?
BalasHapusKalau body yz 85 mesin fiz r ..velg ukuran 21-18 . Enak gak ya . Tolong balas ...soal.nya kendala badan besar
BalasHapusTergantung mesinnya di upgrade atau tidak, kalau gk d upgrade mngkn bs d imbangi pakai gear depan 13 belakang 48 dengan catatan di gunakan untuk jalan gk trlalu ekstreme, tp kalau mau di pakai buat kecepatan jelas tidak nyaman
HapusKalau body yz 85 mesin fiz r ..velg ukuran 21-18 . Enak gak ya . Tolong balas ...soal.nya kendala badan besar
BalasHapusUkuran rasio nya pake brpa bang
BalasHapusRasio yang saya gunakan sudah hasil modifikasi sendiri gk bs di bcorkan, tp kalau mau simpel ad produk aftermarket khusus untuk kelas bebek modif
HapusBiaya semua habis 20 juta belum termasuk motor
BalasHapusmas mau nanya kalo kerangka standar bawaan motor f1zr kalo diubah jadi kerangka dualshock tapi bentuk KLX gtu biaya nya habis berapa ya kira" gitu.
Hapusmaksud saya disini mau dibikin motor nya mirip kayak KLX tanpa harus membeli kerangka lagi , dan tetap menggunakan dualshock , mohon pencerahanya mas.
HapusMin minta foto ukuran rangka yz85 untuk motor fiz r.
BalasHapusMas saya punya motor vega 2004 udh d modif jadi trail body yz85, block kop udh sy ganti punya jupiter_z n klep pakek punya shogun, untuk ukuran gir yg enak pkek ukuran brpa mas, depan brpa n blkng brpa, untuk sementara sy pkek ukuran dpn 14 dan belakng 44
BalasHapusminta link penjualnlimbah" se aja yng murah atau penjual copotan shock kayaba trims
BalasHapusOm kalo arm kaze nya, bisa di colok pake velg 18 gak ya ? Info dong om
BalasHapusGan saya baru pemula
BalasHapusMohonn pencerahan nya
Saya ada yt 115 bru selesai pake body yz 85
Saya pake arem nya kaze r
Tpi bingung mau pake ban trail apa biar gk nyangkut
Emang belakang arem kaze r ini agak lebar tpi di pangkal nya agak kecil
Pakai ban trail apa.ukuran apa biar gk nyangkut
Soal ny pake ban irc trail std aja dh dikit sela nya
Trims nya
kalo buat trail mesin jupe gir dpn blakang nya yg pas buat datar enak nanjak pun enak ...mohon pencerahan nya.. a makasih
BalasHapusKlo rangka bebek standar karisma kemiringan sudut komstirnya berapa suhu
BalasHapusSudut rake 27 derajat.
BalasHapusKalau pakaian gear Fiz r,nomer/ukuran brpa,trail fiz r..maz bro
BalasHapus